Pengertian Pendekatan, Metode, dan Teknik Dalam Pembelajaran Bahasa

July 17, 2022
3 min read

Pembelajaran bahasa merupakan proses transformasi pengetahuan kebahasaan yang melibatkan tiga disiplin ilmu yaitu ilmu psikologi, ilmu bahasa (linguistik), dan ilmu pendidikan (pedagogi). Ilmu psikologi menyampaikan bagaimana orang mempelajari sesuatu. Ilmu bahasa (linguistik) menyampaikan informasi tentang bahasa secara umum serta mencakup pemerolehan bahasa kedua atau bahasa tertentu. Ilmu pendidikan (pedagogi) berusaha untuk mengelola informasi bahasa dan psikologi menjadi satu pendekatan, metode dan teknik. Sehingga yang dihasilkan nantinya dapat memudahkan proses belajar bahasa, khususnya dalam proses pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing yang mencakup empat keterampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

Pembelajaran bahasa dapat dikaitkan dengan istilah pendekatan (approach), metode (method), dan teknik (technique). Ketiga istilah tersebut seringkali digunakan dalam pembelajaran bahasa. Karena ketiga istilah tersebut memiliki keterkaitan antara yang satu dengan lainnya sehingga banyak orang yang kesulitan dalam memahami hakekat masing-masing istilah tersebut. Pada hakekatnya ketiga istilah tersebut memiliki makna yang berbeda

Istilah pendekatan, metode dan teknik selalu berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu linguistik dan ilmu psikologi. Perkembangan tersebut menyesuaikan kebutuhan dan faktor eksternal pembelajaran bahasa yang ada. Sehingga kita tidak dapat mengatakan bahwa suatu metode pengajaran bahasa dianggap metode paling baik dari lainnya. Hal ini dikarenakan metode menyesuaikan kebutuhan pembelajaran bahasa.

Perubahan metode pengajaran bahasa yang terjadi dari masa ke masa ditandai dengan adanya perubahan pandangan tentang hakekat bahasa dan pengajaran bahasa. Hal tersebut mengakibatkan perubahan terhadap suatu metode yang berkembang atau metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa.

Pendekatan merupakan seperangkat asumsi yang berhubungan dengan hakikat bahasa, belajar, dan mengajar. Adapun metode yaitu suatu rencana yang komprehensif berhubungan dengan penyajian bahasa yang sistematis berdasarkan pendekatan tertentu. Sedangkan teknik yaitu kegiatan-kegiatan khusus yang diwujudkan di dalam kelas yang konsisten dengan metode, dan olehnya itu juga sejalan dengan pendekatan.

Dengan bahasa lain, metode bisa diartikan sebagai rencana menyeluruh tentang proses pembelajaran bahasa secara sistematis berdasarkan pendekatan tertentu. Adapun teknik merupakan aktivitas tertentu yang diterapkan dalam kelas yang sesuai dengan metode dan harus sesuai dengan pendekatan. Sedangkan pendekatan lebih berupa asumsi, keyakinan, dan teori bahasa serta pembelajaran bahasa.

Untuk mempertegas ketiga pengertian tersebut dapat kita pahami bahwa yang dimaksud dengan pendekatan adalah teori tentang hakikat bahasa, hakikat pembelajaran bahasa, dan penerapannya dalam setting pendidikan.  Adapun metode adalah serangkaian perangkat pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan metode cenderung terkait dengan peran dan perilaku guru dan siswa dan terkait dengan aspek-aspek linguistik, tujuan pengajaran, urutan, dan materi. Sedangkan yang dimaksud dengan teknik adalah berbagai latihan kegiatan atau tugas yang digunakan dalam kelas bahasa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Pendekatan merupakan salah satu aspek penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran bahasa. Pendekatan yang dipilih untuk setting kelas tertentu menentukan corak detail aktivitas pembelajaran bahasa di kelas tersebut. Apabila pendekatan yang dipilih sesuai dengan karakteristik siswa, kegiatan belajar mengajar akan berjalan dengan efektif untuk efek lanjutannya, tujuan pembelajaran bahasa akan dengan mudah dicapai.

Sumber:

Andri Wicaksono, et al., Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. (2015). (n.p.): Garudhawaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.