Home Writing Tips Cara Menulis Artikel Bagi Pemula Dengan 7 Langkah Sederhana

Cara Menulis Artikel Bagi Pemula Dengan 7 Langkah Sederhana

by Muhammad Ismail
0 comment

Apakah anda ingin menulis artikel tetapi belum percaya diri?. Atau apakah anda tidak yakin jika artikel yang anda tulis itu belum bagus?. Sebenarnya tidak ada standar khusus dan baku suatu artikel disebut bagus atau kurang bagus. Bagus tidaknya sebuah artikel sangatlah relatif. Tergantung sudut pandang seorang pembaca menilai artikel tersebut.

Meskipun demikian, ada beberapa standar utama yang dapat dijadikan acuan untuk menulis artikel yang bagus dan dapat dinikmati pembaca. Standar utama tersebut adalah 5W 1H. Sederhananya, jika tulisan anda mengandung unsur 5W 1H maka anda telah menulis artikel yang informatif untuk pembaca.

Lantas, apakah artikel yang telah mengandung unsur 5W 1H dapat dikategorikan artikel yang bagus?. Tentu jawabannya masih relatif juga. Anda masih perlu membaca berbagai gaya penulisan dari banyak sumber agar artikel anda bisa diterima oleh pembaca yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Cara Menulis Artikel Bagi Pemula Secara Sederhana

cara menulis artikel bagi pemula

Karena artikel yang bagus itu relatif maka anda harus meningkatkan cara menulis artikel bagi pemula setiap saat. Anda juga harus siap menerima kritik dari orang lain terhadap artikel anda. Jika masukan dan kritikan orang lain dapat anda terjemahkan ke dalam artikel maka tidak mustahil artikel anda akan bagus dan mudah diterima pembaca.

Dan berikut ini adalah beberapa langkah sederhana cara menulis artikel bagi pemula yang dapat anda terapkan saat latihan menulis artikel.

Langkah Pertama, Membatasi Tema Pembahasan

Cara menulis artikel bagi pemula yang pertama adalah membatasi topik pembahasan. Masalah ini seringkali dianggap remeh bagi penulis pemula. Padahal membatasi tema pembahasan sangat mempengaruhi proses menulis artikel nantinya.

Jika anda masih pemula sebaiknya anda sering melatih diri dengan menulis artikel dalam tema yang telah dikuasai dahulu. Misalnya, jika anda seorang pelajar yang suka ilmu sejarah maka anda bisa latihan menulis tentang sejarah Indonesia. Jika anda ibu rumah tangga maka anda bisa mulai latihan menulis tentang cara memasak atau cara membuat masakan tertentu.

Anda harus benar-benar terbiasa menyusun kata demi kata dahulu sebelum melangkah ke penulisan artikel dengan tema yang lebih luas. Jangan sampai anda terobsesi ingin menulis artikel tentang tema yang anda tidak kuasai sama sekali. Karena itu justru akan menghambat proses belajar menulis anda.

Langkah Kedua, Tentukan Judul Artikel

Judul artikel yang menarik dapat memancing pembaca. Dalam menentukan judul artikel anda bisa melihat artikel sejenis yang akan anda tuliskan. Judul artikel sebaiknya tidak terlalu panjang. Judul harus jelas dan dapat mewakili isi artikel anda. Anda bisa menentukan judul sesuka hati. Jika setelah menulis nantinya ingin merubah judul juga tidak masalah. Menentukan judul diawal berguna untuk membatasi bahasan penulisan anda nantinya.

Langkah Ketiga, Menentukan Keyword

Menentukan keyword (kata kunci) sangat penting untuk mempermudah anda menulis artikel. Cara menulis artikel bagi pemula yang terpenting ialah mempersempit cakupan pembahasan agar anda dapat menulis banyak informasi namun tetap fokus pada suatu masalah.

Langkah Keempat, Menyusun Kerangka Artikel

Cara menulis artikel bagi pemula selanjutnya ialah menyusun kerangka artikel. Untuk menulis artikel anda tidak perlu menentukan bagian pendahuluan, isi, penutup. Kerangka artikel yang sederhana sebaiknya langsung fokus pada poin per poin masalah yang ingin anda tulis. Semakin mengerucut pembahasan pada artikel yang anda tulis akan semakin bagus.

Langkat Kelima, Mencari Sumber Rujukan

Cara menulis artikel bagi pemula yang baik adalah dengan merujuk pada sumber yang terpercaya. Artikel yang baik terdiri dari gagasan penulis dan juga fakta. Gagasan yang disandarkan pada referensi yang memadai dapat meningkatkan kepercayaan pembaca.

Kelebihan menggunakan referensi saat menulis adalah banyak informasi yang dapat anda bahas. Agar artikel anda tetap mengalir anda bisa mengumpulkan semua referensi terkait tema yang anda tulis lalu anda membuat artikel versi anda sendiri.

Langkah Keenam, Mulailah Menulis

Ini adalah langkah yang paling utama yang wajib anda tekuni. Jangan sampai waktu anda habis untuk menentukan tema, menyusun kerangka, mencari sumber referensi. Sebab itu semua tidak bersifat mutlak. Hal yang paling wajib anda lakukan ialah segera mulai menulis.

Penulis pemula biasanya kesulitan dalam memulai menulis paragraf. Ada cara paling sederhana bagi anda yang ingin mengetahui cara menulis artikel bagi pemula. Anda bisa menerapkan model ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Cara menulis ATM ini tergolong cukup sederhana dan sangat mudah dilakukan oleh penulis pemula.

Caranya, silahkan anda cari artikel penulis lain yang anda anggap mudah untuk ditiru. Kemudian amati poin-poin pembahasan dalam artikel tersebut. Setelah mendapatkan informasinya mulailah segera menulis artikel dengan poin yang sama tetapi menggunakan bahasa anda sendiri yang berbeda dengan susunan bahasa penulis tersebut.

Jika cara menulis ATM ini anda sering lakukan maka kedepannya nanti anda akan dapat menulis dengan mudah. Sistem ATM sangat cocok untuk masa-masa latihan menulis. Disamping itu ATM juga dapat membantu anda berfikir sistematis dalam menulis.

Langkah Ketujuh, Lakukan Editing

Mengedit artikel tidak selalu harus dilakukan oleh editor handal. Anda pun dapat melakukan editing artikel yang telah anda tulis tadi. Cara mengedit secara sederhana adalah perhatikan format penulisan seperti penggunaan huruf besar, huruf kecil, tanda baca, titik, koma, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin artikel yang anda hasilkan minim dari kesalahan ketik.

Jika anda belum yakin melakukan editing sendiri anda bisa meminta orang lain untuk membaca dan mengoreksi artikel anda sebelum dipublish. Agar semangat menulis anda selalu terjaga sebaiknya anda selalu menjaga tingkat produktifitas dalam menulis. Tulisan yang bagus tidak dihasilkan pada tulisan pertama. Bisa jadi tulisan anda yang terbaik adalah tulisan anda yang ke-seribu.

Itulah 7 cara menulis artikel bagi pemula yang dapat anda terapkan dalam proses latihan menulis. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More