Home Motivation Cara Cepat Menghilangkan Sikap Pesimis Dalam Diri

Cara Cepat Menghilangkan Sikap Pesimis Dalam Diri

by Muhammad Ismail
0 comment

Sikap manusia sangat dipengaruhi oleh pola pikirnya. Pola pikir dihasilkan oleh hasil kerja otak yang dikendalikan oleh emosinya. Berbicara mengenai sikap manusia, kita tidak dapat lepas dari sikap positif atau optimis dan sikap negatif atau pesimis.

Sikap optimis dibutuhkan seseorang untuk membangun karakter diri seseorang. Namun sebaliknya, sikap negatif justru akan meruntuhkan bangunan karakter baik tersebut.

Untuk melakukan sesuatu kita membutuhkan rencana, yang mana rencana tersebut dihasilkan dari kerja otak, dan otak yang berpikiran positif pasti akan menghasilkan rencana yang baik juga.

Kedua sikap tersebut terdapat pada diri semua orang, namun orang yang pesimis adalah orang yang memiliki pikiran negatif paling besar dan lebih berbahaya. Nah, untuk menjadi orang yang tidak pesimis berikut adalah tips sederhana tapi terbukti ampuh bisa menghilangkan sikap pesimis dalam diri kita.

1. Teliti Pikiran Negatif Anda

Seringkali kesengsaraan dan kegagalan terjadi pada diri orang yang memiliki pikiran negatif lebih besar. Memang sikap yang satu ini melekat erat dalam diri tapi alangkah baiknya jika pikiran negatif tersebut dapat dikendalikan dan diminimalkan.

Berfikirlah sebelum bertindak. Tindakan kita merupakan citra diri yang sedang kita bentuk. Untuk itu, pikirkan dulu segala tindakan yang akan dilaksanakan, sekecil apapun tindakan tersebut biasakan untuk bebas dari hal-hal yang negatif.

2. Contoh Panutan Anda

Panutan yang saya maksud disini ialah Rasulullah Muhammad SAW. Pada diri beliau terdapat banyak hal yang bisa kita tiru. Biasanya orang akan lebih enjoy dan lebih mampu bersikap positif jika meniru dari panutannya.

Terkadang panutannya adalah artis jadi segala tindakannya menyerupai si artis tersebut. Nah, akan sangat bagus lagi jika menjadikan nabi Muhammad SAW sebagai panutan dalam tindakan positif kita. Saya anggap anda telah mengetahui bagaimana saja sikap positif beliau.

3. Sadari Kemampuan Anda

Manusia diciptakan dengan keahlian, kekurangan dan kelebihan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Hal yang sangat menentukan bagaimana masa depan anda, bagaimana sikap anda yaitu mengetahui kemampuan diri sendiri.

Bagaimana bisa kita mengarahkan jalan hidup ini apabila kita belum mengenal tubuh siapa yang sedang kita jalankan. Dalam diri setiap individu terdapat bakat yang berpotensi membangun citra diri. Terlepas dari istimewa atau tidaknya bakat anda saat ini, jika terus dimaksimalkan pastilah bisa bagus juga bakat yang dulunya biasa-biasa saja tersebut.

Hal yang sangat mengherankan apabila sampai saat ini anda belum tahu apa kemampuan anda. Anda patut memikirkannya kembali sampai menemukan bakat terpendam tersebut. Dengan mengetahui bakat anda maka nilai-nilai positif akan turut bermunculan.

Tidak ada yang bisa mencegah diri anda untuk bersikap pesimif selain diri anda sendiri. Dan akan lebih baik jika sikap pesimis tersebut tidak menjadi bagian dalam pikiran kita. Karena dengan memelihara sikap positif tidak akan pernah membuat sesuatu bisa lebih baik.

Bagaimana dengan anda, apakah sampai saat ini sikap pesimif masih mendominasi dalam diri anda?

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More