Home Writing Tips Banyak Membaca Adalah Sumber Kualitas Tulisan

Banyak Membaca Adalah Sumber Kualitas Tulisan

by Muhammad Ismail
4 comments

Tiada hari tanpa berkarya, karya adalah hasil dari kreatifitas berfikir. Semakin kreatif kita berfikir maka karya yang bermacam-macam pun akan tercipta.

Seringkali saya browsing di internet hanya untuk sekedar melihat karya tulis orang lain bahkan ingin meniru karya orang sukses. Berselancar di internet yang selama ini saya lakukan sangat mampu mewarnai pola pikir saya dalam berkarya. Ternyata karya itu tidak harus bagus dan sempurna, sebab bagi saya yang baru merangkak dalam berkarya tentu tidak langsung bisa maksimal, semuanya butuh proses.

Menulis adalah salah satu sarana berkarya yang sangat saya sukai. Pastinya ini tidaklah sama dengan anda, setiap orang memang memiliki karakter masing-masing yang mencerminkan pribadinya. Dan ini tidak bisa dipaksakan pada orang lain.

Banyak orang merasa kesulitan ketika diminta untuk menulis. Katanya ia tidak terbiasa, tapi ada juga yang beralasan tidak ada bakat jadi penulis.

“Banyak baca banyak pula kosa kata”, itulah kosa kata yang selalu saya jaga hingga saat ini. Tidak mampunya seseorang dalam menulis tidak lain disebabkan oleh kurangnya kosa kata yang ia miliki. Semakin sering membaca pasti kosa kata yang ia ingat ketika membaca tentunya lebih banyak dari pada orang lain.

Membaca tidak harus dari buku, kondisi alam sekitar atau aktifitas masyarakat pun bisa dibaca. Membaca adalah segala apa yang kita lihat, kita rasakan dan kita kerjakan. Itu semua bisa memperkaya bahasa kita, semakin banyak kosa kata yang kita miliki maka proses menulis pun akan menjadi lancar.

Salah satu kesulitan atau hambatan bagi penulis pemula selain dalam semangat dan disiplin yaitu kurangnya semangat dalam membaca. Inilah yang menjadikan seseorang malas menulis karena merasa susah menuangkan ide atau buah pikirannya dalam sebuah tulisan.

Disadari atau pun tidak penulis yang kesulitan menulis sebenarnya tidak memiliki banyak kata dalam pikirannya. Solusinya tidak lain hanyalah membaca dan membaca.

Jadi jika anda memang serius menjadi penulis hebat dan ingin mengembangkan kreatifitas dalam bidang kepenulisan maka perbanyak membaca kemudian tulis kembali apa yang telah anda baca tadi. Kalau tips ini anda lakukan secara rutin maka kesulitan dalam menulis bukan lagi penghalang bagi anda.

Selamat membaca dan berkarya.

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More