Home Article Inilah 6 Alasan Utama Kenapa Anda Harus Belajar Bahasa Arab

Inilah 6 Alasan Utama Kenapa Anda Harus Belajar Bahasa Arab

by Muhammad Ismail
0 comment

Belajar bahasa Arab merupakan hal yang sangat istimewa. Dengan mempelajari bahasa Arab anda akan mendapatkan berbagai manfaat positif. Sebab bahasa Arab memiliki banyak sekali keistimewaan dan keunikan yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya. Bahasa Arab adalah bahasa agama dan peradaban. Ketika anda menguasai bahasa Arab maka anda bisa memperluas khazanah keilmuan dari berbagai literatur berbahasa Arab.

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Ada kurang lebih 300 juta orang di seluruh dunia yang berbicara dengan bahasa Arab. Bahasa Arab juga menjadi bahasa internasional yang banyak mempengaruhi kebijakan dunia internasional. Terutama kebijakan yang dikeluarkan oleh negara-negara Timur Tengah.

Hanya saja, saat ini bahasa Arab seringkali dianggap sebagai bahasa yang sulit untuk dipelajari. Bahkan bahasa Arab sering diidentikkan sebagai bahasa yang hanya dapat dipelajari oleh para pelajar yang belajar di Pondok Pesantren.

Lebih dari itu, bahasa Arab juga dianggap sebagai bahasa yang tidak memiliki peluang menjanjikan dalam kehidupan di masa depan. Sehingga banyak orang yang lebih memilih belajar bahasa selain bahasa Arab seperti bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis dan Mandarin sebagai bahasa kedua yang lebih prospektif dan layak untuk dipelajari.

Anggapan sebagian orang tersebut tentu tidak benar. Sebab bahasa Arab dapat memberikan keistimewaan bagi orang yang menguasainya. Dunia akan terbuka lebar bagi orang yang belajar bahasa Arab.

Berikut ini adalah alasan kenapa anda harus belajar bahasa Arab:

1. Bahasa Arab adalah bahasa agama Islam

Islam adalah agama yang besar. Penduduknya tersebar luas di berbagai negara. Ajaran agama Islam menggunakan bahasa Arab. Jika anda seorang muslim tentu belajar bahasa Arab adalah suatu kewajiban. Sebab, dengan bahasa Arab anda akan mampu memahami agama Islam dengan lebih baik lagi. Jika anda bisa berbahasa Arab maka anda akan mampu memahami makna al-Qur’an dan al-Hadits dengan pemahaman yang benar.

Selain ajaran agama, anda juga dapat memahami perkembangan peradaban Islam dengan lebih baik lagi. Sebab peradaban agama Islam banyak tercatat pada literatur atau buku-buku yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantarnya.

2. Peminat bahasa Arab sangat besar

Pemerintah di berbagai negara seringkali mencari orang yang mahir berbahasa Arab baik aktif maupun pasif. Orang yang mampu berbahasa Arab memiliki peluang yang lebih besar untuk terjun ke dunia pendidikan, bisnis, medis, teknik, bahkan hubungan internasional.

Jika anda mampu berbahasa Arab maka akan memudahkan anda dalam melamar pekerjaan. Pengusaha yang berasal dari Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab, Qatar, sangat membutuhkan orang yang mampu berbahasa Arab untuk menunjang bisnis mereka.   

3. Peluang berkarir di negara Timur Tengah terbuka lebar

Terdapat 20 negara di Timur Tengah yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utama mereka. Sehingga memungkinkan anda untuk meraih peluang kerja di berbagai sektor di negara tersebut. Berbeda dengan bahasa China, Spanyol, dan Prancis yang hanya memungkinkan anda berkarir pada sektor yang terbatas dan negara yang lebih sedikit pula.

4. Peluang menjadi duta besar dan diplomat

Sentimen antara orang Arab dan Non Arab, seperti Amerika, masih sering terjadi. Orang Amerika seringkali memandang orang Arab dengan pandangan yang negatif. Jika anda mampu menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris sekaligus maka anda memiliki peluang yang besar untuk menjadi duta besar atau diplomat di berbagai negara besar. Anda bisa menjadi orang yang mampu memberikan pencerahan terkait dengan berbagai masalah menggunakan bahasa Arab dan bahasa inggris.

5. Mampu memahami banyak dialek bahasa Arab

Bahasa Arab memiliki dialek yang berbeda-beda. Masing-masing dialek memiliki kekhasan, rasa, dan gaya yang unik. Dengan mempelajari bahasa Arab formal maka anda berkesempatan untuk berkeliling dunia di Timur Tengah dan memahami dialek-dialek bahasa Arab yang kaya. Dengan mempelajari dialek bahasa Arab yang berbeda-beda maka kemampuan bahasa Arab anda akan meningkat juga.

6. Mendapatkan keramahan orang Arab

Orang Arab sebagai penutur asli bahasa Arab akan sangat ramah, senang dan bangga jika bertemu dengan orang Non-Arab yang bisa berbicara bahasa Arab. Ketika orang Arab mendengar anda berbicara bahasa Arab meskipun hanya beberapa kata mereka akan sangat bersemangat sekaligus senang membantu anda. Apalagi anda adalah seorang pelajar yang sedang belajar bahasa Arab. Anda akan dianggap sebagai orang yang istimewa bagi mereka.

Itulah beberapa alasan yang bisa anda jadikan motivasi untuk terus belajar bahasa Arab.  

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More